♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪----->>> Welcome to My Blog <<<-----♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪

Rabu, 25 Mei 2016

Cantiknya Taman Bunga Nusantara

Tak perlu pergi jauh ke luar negri untuk menikmati indahnya taman bunga. Di Indonesia pun ada taman bunga yang sangat mempesona yaitu Taman Bunga Nusantara. Jika anda berlibur ke Puncak Bogor tak ada salahnya untuk sekalian mengunjungi Taman Bunga Nusantara. Taman bunga ini terletak di Karangluwuk Sukaresmi Cianjur Jawa Barat. Di depan Taman Bunga Nusantara tampak patung angsa hitam (Cygnus Attratus) yang cukup besar. Angsa hitam itu merupakan maskot Taman Bunga Nusantara. Taman bunga ini memiliki koleksi bunga yang banyak dan beraneka ragam. Bunga yang biasa kita lihat di luar negri pun ada yang bisa tumbuh di taman ini. 


Taman ini buka setiap hari dari jam 08.00. Biaya parkir untuk sepeda motor Rp 5000,- dan Rp 10.000,- untuk mobil. Harga tiket masuknya Rp 30.000,- untuk masing-masing orang. Kita akan mendapatkan tiket dan semacam brosur berisi peta yang menjelaskan dan membantu pengunjung ketika berkeliling di taman bunga. Area Taman Bunga Nusantara cukup luas. Selain berkeliling dengan berjalan kaki, para pengunjung juga bisa naik Dotto Train maupun mobil Wira Wiri. Tentu saja harus membayar sejumlah uang jika ingin naik Dotto Train atau Wira Wiri


Beberapa waktu yang lalu aku berkunjung ke Taman Bunga Nusantara. Setelah membeli tiket aku masuk ke taman bunga. Taman yang berbentuk burung merak cantik menyambutku. Ekornya dibentuk dari bunga yang disusun rapi dan indah. Tak jarang pengunjung yang berfoto dengan latar belakang burung merak cantik itu. Mereka sangat senang dan berpose sedemikian rupa mengabadikan gambar diri. Taman Bunga Nusantara sangat ramai pengunjung. Tak hanya wisatawan domestik tapi juga wisatawan mancanegara yang ingin melihat keindahan taman bunga ini. Lebih baik berangkat pagi jika ingin puas mengelilingi Taman Bunga Nusantara, karena lokasinya luas dan setelah siang hari biasanya turun hujan. Jangan lupa membawa kamera jika berkunjung ke Taman Bunga Nusantara. Banyak spot bagus yang bisa diabadikan maupun digunakan untuk berfoto.


Di Taman Bunga Nusantara ada air mancur musikal yang setiap waktu tertentu menunjukkan kebolehannya menari membentuk rangkaian air yang indah. Ada pula menara pandang untuk melihat sekeliling taman bunga dari ketinggian. Menurutku Taman Bunga Nusantara tak kalah dengan taman bunga yang berada di luar negri. Koleksi bunganya sangat terawat dan disusun membentuk pola tertentu misalnya menyerupai hewan. Tanaman bunga di taman ini dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

1. Taman Air
Di Taman Air ini tumbuh beragam tanaman air seperti lottus, teratai, pisang air, giant arum dan sebagainya. Tanaman tersebut yang tumbuh subur dan tersusun rapi.



2. Lokasi Piknik
Di tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk bersantai. Tempatnya sejuk dan bernuansa hijau, karena banyak rumput yang ditanam disekiarnya. Bagian paling depan terdapat gapura melengkung bertuliskan "Lokasi Piknik".



3. Rumah Kaca
Untuk masuk ke rumah kaca setiap pengunjung dikenakan biaya Rp 2000,-. Di dalam rumah kaca, pengunjung dapat melihat tanaman bunga seperti anggrek, lavender dan bunga tropis lainnya. 



4. Display Karpet Bunga
Taman ini merupakan hamparan aneka tanaman bunga yang dibentuk menyerupai karpet. Bunga tersebut diganti setiap beberapa bulan sekali sehingga tampak bervariasi.


5. Jam Taman
Di tempat ini terdapat jam raksasa di tengah taman. Jam tersebut dikelilingi tanaman bunga yang sangat cantik.

6. Taman Mawar
Di taman mawar terdapat berbagai koleksi bunga mawar dengan warna yang beragam. Tercium bau harum semerbak jika kita berjalan di tengah lautan tanaman bunga mawar ini. 



7. Taman Perancis
Di Taman Perancis seluruh tanaman disusun membentuk geometris tertentu. Tanaman perdu dipangkas pendek yang merupakan ciri khas utama Taman Perancis.


8. Taman Jepang
Tembok tinggi bercat putih, kolam, pagoda, gazebo dengan tanaman yang dipangkas rapi merupakan ciri khas dari Taman Jepang ini. Suasananya tenang dan damai menambah betah berada di taman ini.




9. Taman Mediterania
Di taman ini terdapat berbagai macam kaktus yang tumbuh subur dan disusun rapi. Sesekali terdengar musik di taman ini karena memang dipasang speaker yang memutar aneka lagu.



10. Taman Labirin
Di Taman labirin kita bisa bermain bersama keluarga atau rekan kita. Seakan-akan kita berada dalam suatu jalan tak berujung untuk memecahkan misteri. Wow seru sekali!


11. Taman Bali
Gapura bernuansa Bali berdiri kokoh di depan taman ini. Ada juga Bale Bengong dan Kul-kul khas Bali yang juga melengkapi taman tersebut.




12. Taman Palem
Beraneka ragam varietas palem tumbuh di taman ini. Palem-palem tersebut berasal dari berbagai penjuru dunia.


13. Taman Amerika
Tampilan khas Taman Amerika ada di sini. Country Classic Garden merupakan replika taman pedesaan di Amerika dan Native Garden merupakan replika semak berbunga di Amerika.


Selain taman, juga ada alam imajinasi yang merupakan wahana bermain keluarga. Bebagai macam permainan seperti Bom-bom Boat, ATV, Go-Kart, kolam pancing dan lainya ada di sini. Taman Bunga Nusantara sangat tepat digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun sahabat. Hanya saja yang perlu diwaspadai jalan menuju ke Taman Bunga Nusantara banyak yang rusak, berlubang dan jelek. Harus hati-hati apalagi saat hujan karena licin. Semoga kedepannya jalan segera diperbaiki.








Sumber:
- https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/0a/8e/90/73/taman-labirin.jpg
- Brosur Taman Bunga Nusantara
- http://www.tamanbunga-nusantara.com/en/en/taman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar